Sistem Akuntansi Penjualan
Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Penjualan
Menurut Mulyadi (2001) Penjualan adalah jumlah yang dibebankan kepada pelanggan untuk barang dagang yang dijual, baik secara tunai maupun kredit. Besar kecilnya penjualan juga tergantung dari perencanaan yang telah dibuat oleh perusahaan, misalnya perancangan tentang harga barang, tempat pemasaran, maupun jumlah yang akan diproduksi.
Sistem penjualan adalah sistem yang melibatkan sumber daya dalam suatu organisasi, prosedur, data serta sarana pendukung untuk mengoperasikan sistem penjualan, sehingga dapat menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi pihak manajemen dalam pengambilan keputusan.
Sistem informasi akuntansi penjualan adalah sub sistem informasi bisnis yang mencakup kumpulan prosedur yang melaksanakan, mencatat, mengkalkulasi, membuat dokumen dan informasi penjualan untuk keperluan manajemen dan bagian lain yang berkepentingan, dalam proses atau transaksi penjualan
Tujuan dari sistem informasi akuntansi untuk aktivitas penjualan menurut Azhar Susanto (2001: 170) adalah sebagai berikut:
- Aktivitas penjualan merupakan sumber pendapatan perusahaan. Kurang dikelolanya aktivitas penjualan dengan baik, secara langsung akan merugikan perusahaan karena selain sasaran penjualan tidak tercapai, juga pendapatan akan berkurang.
- Pendapatan dan hasil penjualan merupakan sumber pembayara perusahaan oleh karenanya perlu diamankan
- Akibat adanya penjualan akan merubah posisi harta yang menyangkut: a). Timbulnya piutang kalau penjualan secara kredit atau masuknya uang kontan kalau penjualan secara tunai. b). Kuantitas barang yang akan berkurang dari gudang karena penjualan yang terjadi
Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa tujuan sistem informasi akuntansi penjualan adalah untuk menghindari penyelewengan-penyelewengan sehingga dapat menunjang kelancaran penjualan perusahaan.
Penjualan Tunai
Penjualan tunai dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mewajibkan pembeli melakukan pembayaran harga barang lebih dahulu sebelum barang diserahkan oleh 4 perusahaan kepada pembeli. Setelah uang diterima oleh perusahaan, barang kemudian diserahkan kepada pembeli dan transaksi penjualan tunai kemudian dicatat oleh perusahaan.
Pada sistem ini, bila pembeli sudah memilih barang yang akan dibeli, pembeli diharuskan membayar kebagian kassa. Oleh karena itu, tidak perlu ada prosedur pengiriman barang pada toko penjual. Informasi yang biasa dibutuhkan dalam sistem penjualan tunai yaitu jumlah penerimaan kas dari penjualan tunai setiap hari dan jumlah kas yang disetorkan ke bank setiap hari.
Fungsi-fungsi yang Terkait dalam Sistem Penjualan Tunai
- Fungsi Penjualan. Fungsi ini bertanggung jawab untuk menerima order dari pembeli, mengisi faktur penjualan tunai dan menyerahkan faktur tersebut kepada pembeli untuk kepentingan pembayaran ke fungsi kas.
- Fungsi Kas. Fungsi ini bertanggung jawab sebagai penerima kas dari pembeli.
- Fungsi Gudang. Fungsi ini bertanggung jawab untuk menyimpan barang yang dipesan oleh pembeli, serta menyerahkan barang tersebut ke fungsi pengiriman.
- Fungsi Pengiriman. Fungsi ini bertanggung jawab untuk mengepak barang dan menyerahkan barang yang telah dibayar kepada pembeli.
- Fungsi Akuntansi. Fungsi ini bertanggung jawab untuk mencatat transaksi pada penjualan tunai dan membuat laporan penjualan tunai yang terjadi. Mulyadi (2001: 462).
Dokumen-dokumen yang Digunakan dalam Sistem Penjualan Tunai
- Faktur Penjualan Tunai. Faktur penjualan tunai digunakan oleh fungsi penjualan sebagai pengantar pembayaran oleh pembeli kepada fungsi kas dan sebagai dokumen sumber untuk pencatatan transaksi ke dalam jurnal penjualan.
- Pita Register Kas. Pita register kas digunakan sebagai bukti penerimaan kas yang dikeluarkan oleh fungsi kas dan merupakan dokumen pendukung faktur penjualan tunai.
- Credit Card Slip. Dokumen ini diisi oleh fungsi kas dan berfungsi sebagai alat untuk menagih uang tunai dari bank yang mengeluarkan kartu kredit berkaitan dengan transaksi penjualan yang telah dilakukan oleh pemegang kartu kredit.
- Bill of Lading. Dokumen ini merupakan bukti penyerahan barang dari perusahaan penjualan barang kepada perusahaan angkutan umum.
- Bukti Setor Bank. Dokumen ini dibuat oleh fungsi kas sebagai bukti penyetoran kas ke bank. Bukti setor bank diserahkan oleh fungsi kas kepada fungsi akuntansi sebagai dokumen sumber untuk pencatatan transaksi ke dalam jurnal penerimaan kas.
- Rekapitulasi Harga Pokok Penjualan. Dokumen ini digunakan oleh fungsi akuntansi untuk meringkas harga pokok produk yang dijual selama satu periode. Mulyadi (2001, 463-468).
Catatan Akuntansi yang Digunakan dalam Sistem Penjualan Tunai
- Jurnal Penerimaan Kas. Jurnal penerimaan kas digunakan oleh fungsi akuntansi untuk mencatat penerimaan kas dari penjualan tunai.
- Jurnal Umum. Jurnal ini digunakan oleh fungsi akuntansi untuk mencatat harga pokok produk yang dijual.
- Kartu Persediaan. Kartu persediaan digunakan oleh fungsi akuntansi untuk mencatat berkurangnya harga pokok produk yang dijual dan untuk mengawasi mutasi dan persediaan barang yang disimpan di gudang.
- Kartu Gudang. Catatan ini digunakan untuk mencatat mutasi dan persediaan barang yang disimpan dalam gudang. Mulyadi (2001, 468-469).
Prosedur yang Membentuk Sistem Penjualan Tunai
- Prosedur Order Penjualan. Fungsi penjualan menerima order dari pembeli dan membuat faktur penjualan tunai yang digunakan pembeli untuk melakukan pembayaran ke fungsi kas dan untuk memungkinkan fungsi gudang dan fungsi pengiriman menyiapkan barang yang akan diserahkan kepada pembeli.
- Prosedur Penerimaan Kas. Fungsi kas menerima pembayaran dari pembeli dan memberikan tanda pembayaran yang dapat berupa pita register kas dan cap “lunas” pada faktur penjualan tunai.
- Prosedur Penyerahan Barang. Fungsi pengiriman menyerahkan barang kepada pembeli.
- Prosedur Pencatatan Penjualan Tunai. Fungsi akuntansi melakukan pencatatan penjualan tunai dalam jurnal penjualan dan jurnal penerimaan kas. Fungsi akuntansi juga mencatat berkurangnya persediaan barang yang dijual dalam kartu persediaan.
- Prosedur Penyetoran Kas ke Bank. Fungsi kas menyetorkan kas yang diterima dari penjualan tunai ke bank.
- Prosedur Pencatatan Penerimaan Kas. Fungsi akuntansi mencatat penerimaan kas dalam jurnal penerimaan kas berdasar bukti setor bank yang diterima dari bank melalui fungsi kas.
- Prosedur Pencatatan Harga Pokok Penjualan. Fungsi akuntansi membuat rekapitulasi harga pokok penjualan berdasarkan data yang dicatat dalam kartu persediaan. Mulyadi (2001, 469-470)
Unsur Pengendalian Intern dalam Sistem Penjualan Tunai
1. Organisasi
- Fungsi penjualan harus terpisah dari fungsi kas
- Fungsi kas harus terpisah dari fungsi akuntansi
- Transaksi penjualan tunai harus dilaksanakan oleh fungsi penjualan, fungsi kas, fungsi pengiriman, dan fungsi akuntansi.
2. Sistem Otorisasi dan Prosedur Pencatatan
- Penerimaan order dari pembeli diotorisasi oleh fungsi penjualan dengan menggunakan formulir faktur penjualan tunai
- Penerimaan kas diotorisasi oleh fungsi kas dengan cara membubuhkan cap “lunas” pada faktur penjualan tunai dan penempelan pita register kas pada faktur tersebut.
- Penjualan dengan kartu kredit bank didahului dengan permintaan otorisasi dari bank penerbit kartu kredit.
- Penyerahan barang diotorisasi oleh fungsi pengiriman dengan cara membubuhkan cap “sudah diserahkan” pada faktur penjualan tunai. \
- Pencatatan ke dalam buku jurnal diotorisasi oleh fungsi akuntansi dengan cara memberikan tanda pada faktur penjualan tunai.
3. Praktik yang Sehat
- Faktur penjualan tunai bernomor urut tercetak dan pemakaiannya dipertanggungjawabkan oleh fungsi penjualan.
- Jumlah kas yang diterima dari penjualan tunai disetor seluruhnya ke bank pada hari yang sama dengan transaksi penjualan tunai atau hari kerja berikutnya.
- Penghitungan saldo kas yang ada di tangan fungsi kas secara periodik dan secara mendadak oleh fungsi pemeriksa intern.
CONTOH KASUS
"Desain Sistem pada Rumah Makan Soto Ayam & Ayam Goreng Bangkong Penjualan Tunai "
Pramusaji (bagian penjualan) menawarkan menu kepada pelanggan, kemudian mencatat Surat Order Pesanan. Pramusaji menyerahkan Surat Order Pesanan kepada bagian juru masak untuk menyiapkan pesanan tersebut. Setelah juru masak menyiapkan pesanan, pramusaji mengantarkan pesanan dan membawa kembali Surat Order Pesanan. Bila pelanggan selesai makan, maka pramusaji akan mencatat tambahan pesanan yang diambil oleh pelanggan.
Kemudian pramusaji akan mencatat ulang pesanan pada Faktur Penjualan sebanyak 2 rangkap dan menyobek Surat Order Pesanan. Faktur Penjualan kedua disimpan oleh bagian penjualan, sedangkan faktur penjualan pertama diserahkan ke bagian kasir untuk melakukan pembayaran. Bila pelanggan sudah membayar, dari kasir akan menghasilkan struk penjualan sebanyak 2 rangkap. Bagian kasir akan menyerahkan struk penjualan pertama untuk pelanggan dan struk penjualan kedua beserta faktur penjualan diserahkan ke bagian admin.
Bagian admin akan menggunakan struk penjualan kedua dan faktur penjualan tersebut untuk membuat laporan pendapatan (penjualan) sebanyak 2 rangkap. Laporan pendapatan pertama beserta struk penjualan dan faktur penjualan akan dibuat arsip oleh bagian admin, kemudian laporan pendapatan kedua akan diserahkan ke pemilik. Laporan pendapatan yang diterima oleh pemilik akan diperiksa oleh pemilik untuk menganalisa dan mengontrolpenjualan, selanjutnya laporan pendapatan tersebut akan disimpan oleh pemilik Flowchart Penjualan Tunai.
Penjualan Kredit
Menurut Arens yang dialih bahasakan oleh Amir Abadi Yusuf (1993;352), pengertian penjualan kredit adalah sebagai berikut: “Transaksi-transaksi usaha yang melibatkan pemberian suatu produk (barang atau jasa) yang ditukar dengan janji untuk membayar dimana ketika transaksi terjadi, pembeli berjanji untuk membayar dalam tempo masa tertentu.”
Berdasarkan uraian di atas, dapat diartikan bahwa penjualan yang dilakukan pihak penjual kepada pihak pembeli dimana pihak pembeli tidak membayar langsung tetapi diberi tenggang waktu untuk melakukan pembayaran kepada pihak penjual dan biasanya dalam jangka waktu satu tahun.
Pada umumnya, sistem penjualan kredit terdiri dari prosedur pesanan penjualan, prosedur persetujuan kredit, prosedur pengiriman barang, prosedur pembuatan faktur dan prosedur akuntansi penjualan kredit. Prosedur pesanan penjualan informasi yang dibutuhkan meliputi pesanan yang belum dapat dipenuhi dan kesanggupan mengirim barang di waktu tertentu.
Fungsi-Fungsi yang Terkait dalam Sistem Penjualan Kredit
- Fungsi Penjualan. Fungsi ini bertanggungjawab untuk menerima surat order dari pembeli, meminta otorisasi kredit, menentukan tanggal pengiriman dan dari gudang mana akan dikirim, serta mengisi surat order pengiriman.
- Fungsi Kredit. Fungsi ini bertanggungjawab untuk meneliti status kredit pelanggan dan memberikan otorisasi pemberian kredit kepada pelanggan.
- Fungsi Gudang. Fungsi ini bertanggungjawab untuk menyimpan barang dan menyiapkan barang yang dipesan oleh pelanggan, serta menyerahkan barang ke fungsi pengiriman.
- Fungsi Pengiriman. Fungsi ini bertanggungjawab untuk menyerahkan barang berdasarkan surat order pengiriman dari fungsi penjualan. Fungsi ini bertangungjawab untuk menjamin bahwa tidak ada barang yang keluar dari perusahaan tanpa ada otorisasi dari yang berwenang.
- Fungsi Penagihan. Fungsi ini bertanggungjawab untuk membuat dan mengirimkan faktur penjualan kepada pelanggan.
- Fungsi Akuntansi. Fungsi ini bertanggungjawab untuk mencatat piutang yang timbul dari transaksi penjualan kredit dan membuat serta mengirimkan pernyataan piutang kepada para debitur, serta membuat laporan penjualan. Fungsi in juga bertanggungjawab untuk mencatat harga pokok persediaan yang dijual ke dalam kartu persediaan. Mulyadi (2001, 210-213).
Dokumen-dokumen yang Digunakan dalam Sistem Penjualan Kredit
1. Surat Order Pengiriman dan Tembusannya
- Surat Order Pengiriman. Surat order pengiriman merupakan lembar pertama surat order pengiriman yang memberikan otorisasi kepada fungsi pengiriman untuk mengirimkan jenis barang yang dipesan pembeli.
- Tembusan Kredit (Credit Copy). Dokumen ini digunakan untuk memperoleh status kredit kepada pelanggan dan untuk mendapatkan otorisasi penjalan kredit dari fungsi kredit.
- Surat Pengakuan. Dokumen ini dikirimkan oleh fungsi penjualan kepada pelanggan untuk memberitahu bahwa ordernya telah diterima dan dalam proses pengiriman.
- Surat Muat (Bill of Lading). Dokumen yang digunakan sebagai bukti penyerahan barang dari perusahaan kepada persahan angkutan umum.
- Slip Pembungkus (Packing Slip). Dokumen ini ditempelkan pada pembungkus barang untuk memudahkan fungsi penerimaan di perusahaan pelanggan dalam mengidentifikasi barang-barang yang diterimanya.
- Tembusan Gudang. Dokumen ini dikirim ke fungsi gudang untuk menyiapkan jenis barang dan menyerahkan barang tersebut ke fungsi pengiriman, serta untuk mencatat barang yang dijual ke dalam kartu gudang.
- Arsip Pengendalian Pengiriman. Tembusan surat order pengiriman yang diarsipkan oleh fungsi penjualan menurut tanggal pengiriman yang dijanjikan. Arsip pengiriman merupakan sumber informasi untuk membuat laporan mengenai pesanan pelanggan yang belum dipenuhi.
- Arsip Index Silang. Tembusan surat order pengiriman yang diarsipkan secara alfabetik menurut nama pelanggan untuk memudahkan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan mengenai status pesanannya.
2. Faktur dan Tembusannya
- Faktur penjualan. Dokumen yang dikirim oleh fungsi penagihan kepada pelanggan.
- Tembusan Piutang. Dokumen yang dikirimkan oleh fungsi penagihan ke fungsi akuntansi sebagai dasar untuk mencatat piutang ke dalam kartu piutang.
- Tembusan Jurnal Penjualan. Dokumen yang dikirimkan oleh fungsi penagihan ke fungsi akuntansi sebagai dasar transaksi penjualan dalam jurnal penjualan.
- Tembusan Analisis. Dokumen yang dikirim oleh fungsi penagihan ke fungsi akuntansi sebagai dasar untuk menghitung harga pokok penjualan yang dicatat dalam kartu persediaan, untuk analisis penjualan dan untuk perhitungan komisi wiraniaga.
- Tembusan Wiraniaga. Dokumen ini dikirimkan oleh fungsi penagihan kepada wiraniaga untuk membantu bahwa order dari pelanggan yang lewat ditangannya telah dipenuhi.
3. Rekapitulasi Harga Pokok Penjualan
Rekapitulasi harga pokok penjualan merupakan dokumen pendukung yang digunakan untuk menghitung total harga pokok produk yang dijual selama periode akuntansi tertentu. Data yang dicantumkan dalam rekapitulasi harga pokok berasal dari kartu persediaan.
4. Bukti Memorial
Dokumen sumber untuk mencatat harga pokok produk yang dijual dalam periode akuntansi tertentu. Mulyadi (2001, 214-216)
Catatan Akuntansi yang Digunakan dalam Sistem Penjualan Kredit
- Jurnal Penjualan. Catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat transaksi penjualan.
- Kartu Piutang. Kartu piutang merupakan buku pembantu yang berisi rincian mutasi piutang perusahaan kepada tiap-tiap debiturnya.
- Kartu Persediaan. Kartu persediaan merupakan buku pembantu yang berisi rincian mutasi setiap jenis persediaan.
- Kartu Gudang. Catatan yang diselenggarakan oleh fungsi gudang untuk mencatat mutasi dan persediaan fisik barang yang disimpan di gudang.
- Jurnal Umum. Catatan akuntansi yang digunakan untuk mencatat harga pokok produk yang dijual selama periode akuntansi tertentu. Mulyadi (2001, 219).
Prosedur yang Membentuk Sistem Penjualan Kredit
- Prosedur Order Penjualan. Fungsi penjualan menerima order dari pembeli dan mencatatnya pada surat order penjualan. Fungsi penjualan kemudian membuat surat order pengiriman dan mengirimkannya kepada berbagai fungsi agar fungsi tersebut memberikan kontribusi dalam melayani order dari pembeli.
- Prosedur Persetujuan KreditFungsi penjualan meminta persetujuan penjualan kredit kepada pembeli tertentu dari fungsi kredit.
- Prosedur Pengiriman. Fungsi pengiriman mengirimkan barang kepada pembeli sesuai dengan informasi dalam surat order pengiriman yang diterima dari fungsi pengiriman.
- Prosedur Penagihan. Fungsi penagihan membuat faktur penjualan dan mengirimkannya kepada pembeli.
- Prosedur Pencatatan Piutang. Fungsi akuntansi mencatat tembusan faktur penjualan ke dalam kartu piutang.
- Prosedur Distribusi Penjualan. Fungsi akuntansi mendistribusikan data penjualan menurut informasi yang diperlukan oleh manajemen.
- Prosedur Pencatatan Harga Pokok Penjualan. Fungsi akuntansi mencatat secara periodik total harga pokok produk yang dijual dalam periode akuntansi tertentu.
Unsur Pengendalian Intern dalam Sistem Penjualan Kredit
1. Organisasi
- Fungsi penjualan harus terpisah dari fungsi kredit.
- Fungsi akuntansi harus terpisah dari fungsi penjualan dan fungsi kredit.
- Fungsi akuntansi harus terpisah dari fungsi kas.
- Transaksi penjualan kredit harus dilaksanakan oleh fungsi penjulan, fungsi kredit, fungsi pengiriman, fungsi pengaihan, dan fungsi akuntansi.
2. Sistem Otorisasi dan Prosedur Pencatatan
- Penerimaan order dari pembeli diotorisasi oleh fungsi penjualan dengan menggunakan formulir surat order pengiriman.
- Persetujuan pemberian kredit diberikan oleh fungsi kredit dengan membubuhkan tanda tangan pada credit copy.
- Pengiriman barang kepada pelanggan diotorisasi oleh fungsi pengiriman dengan cara menandatangani dan membubuhkan cap “sudah dikirim” pada copy surat order pengiriman.
- Penetapan harga jual, syarat penjualan, syarat pengangkutan barang, dan potongan penjualan berada di tangan Direktur Pemasaran dengan penerbitan surat keputusan.
- Terjadinya piutang diotorisasi oleh fungsi penagihan dengan membubuhkan tanda tangan pada faktur penjulan.
- Pencatatan ke dalam kartu piutang dan ke dalam jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, dan jurnal umum diotorisasi oleh fungsi akuntansi dengan cara memberikan tanda tangan pada dokumen sumber.
- Pencatatan terjadinya piutang didasarkan pada faktur penjualan yang didukung dengan surat order pengiriman dan surat muat.
3. Praktik yang sehat
- Surat order pengiriman bernomor urut tercetak dan pemakaiannya dipertanggungjawabkan oleh fungsi penjualan.
- Faktur penjualan bernomor urut tercetak dan pemakaiannya dipertanggungjawabkan oleh fungsi penagihan.
- Secara periodik fungsi akuntansi mengirim pernyataan piutang kepada setiap debitur untuk menguji ketelitian catatan piutang yang diselenggarakan oleh fungsi tersebut.
- Secara periodik diadakan rekonsiliasi kartu piutang dengan rekening kontrol piutang dalam buku besar.
Penjelasan dari Flowchart Sistem Akuntansi Penjualan Kredit
1. Bagian Marketing Penjualan
- Menerima surat PO dari Customer sebanyak 2 lembar yaitu dapat melalui 3 jalur, yaitu Via email, Via fax, dan Via sales.
- Setelah menerima PO, maka akan dilakukan proses pengecekan kelengkapan PO tersebut.
- Setelah proses pengecekan PO, maka akan langsung dilakukannya proses pengecekan stock barang di gudang dengan kondisi sbb : a). Jika stock barang di gudang tidak mencukupi, maka proses pesanan tersebut akan dipending dan mengkonfirmasikan kembali kepada pihak customer. b). Jika stock barang di gudang telah mencukupi, maka proses pesanan tersebut akan langsung diproses.
- Setelah itu melakukan negosiasi harga dan barang kepada customer.
- Setelah itu membuat SPPB (Surat Perintah Pengiriman Barang) sebanyak 2 lembar yang berdasarkan pada PO yang diterima.
- Kemudian, membuatkan SC (surat Confirm) sebanyak 3 lembar yang berdasarkan pada SPPB yang talah dibuat.
- Setelah dokumen terkumpul, maka akan langsung dikirim : a). SC lembar 2 dan SPPB lembar 1 ke bagian gudang, b). SC lembar 3 ke customer sebagai surat pemberitahuan, c). SPPB lembar 2 ke bagian pengiriman, d). PO lembar 2 ke bagian penagihan.
- Setelah itu melakukan pengarsipan pada surat PO lembar 1 dan SC lembar 1.
2. Bagian Gudang
- Menerima SC lembar 2 dan SPPB lembar 1 dari bagian marketing penjualan.
- Setelah itu, membuat SJ (surat Jalan) sebanyak 3 lembar yang berdasarkan pada SC dan SPPB yang telah diterima.
- Setelah dokumen terkumpul semua, maka bagian gudang menyiapkan barang sesuai dengan pesanan.
- Kemudian dilakukan penyerahan barang kepada bagian pengiriman disertai dengan membawa SC lembar 2 dan SJ lembar 2&3.
- Melakukan pencatatan kartu gudang yang berisi data kuantitas barang yang disimpan digudang berserta mutasinya.
- Melakukan pengarsipan pada SJ lembar 1 dan SPPB lembar 1
3. Bagian Pengiriman
- Menerima SPPB lembar 2 dari bagian marketing penjualan dan SC lembar 2, SJ lembar 2&3 dari bagian gudang yang disertai dengan membawa barang.
- Mencocokan barang yang diterima dengan dokumen-dokumen yang terkait.
- Setelah itu, membuatkan surat LPB (Laporan Penerimaan Barang) sebanyak 2 lembar.
- Setelah pembuatan LPB, maka langsung melakukan pengiriman barang ke pihak customer berserta dengan membawa dokumen terkait seperti SPPB lembar 2, SJ lembar 2&3, LPB lembar 1.
- Kemudian setelah itu melakukan pengarsipan LPB pada lembar ke 2.
- Setelah proses pengiriman barang sampai ke pihak customer lalu pihak customer mengkonfirmasikan kembali kepada bagian pengiriman dengan mengembalikan surat LPB lembar 1 dan SJ lembar 3 yang sebelumnya sudah diberi tanda tangan oleh pihak customer.
- Kemudian menyerahkan SC lembar 2 dan LPB lembar 1 yang sudah ditanda tangani ke bagian penagihan.
- Lalu setelah itu melakukan pengarsipan pada SJ lembar 3 yang sudah ditanda tangani.
4. Bagian Penagihan
- Menerima dokumen PO lembar 2 dari bagian marketing penjualan dan SC lembar 2, LPB lembar 2 dari bagian pengiriman.
- Setelah menerima dokumen lalu membuatkan surat Faktur Pajak (FP) sebanyak 3 lembar yang berdasarkan pada PO, SC dan LPB yang diterima.
- Kemudian melakukan penyerahakan dokumen ke bagian akuntansi berupa FP lembar 1,2, &3, dan PO lembar 2.
- Setelah itu melakukan pengarsipan pada dokumen SC lembar 2 dan LPB lembar 2.
5. Bagian Akuntansi
- Menerima dokumen FP lembar 1,2,&3 dan PO lembar 2 dari bagian penagihan.
- Kemudian membuatkan dokumen Invoice sebanyak 3 lembar berdasarkan pada FP dan PO yang diterima.
- Kemudian setelah itu membuatkan Kwitansi sebanyak 2 lembar berdasarkan pada Invoice yang dibuat.
- Setelah semua dokumen terkumpul, lalu memberikan tanda tangan pada dokumen-dokumen tesebut.
- Kemudian dokumen-dokumen tersebut diserahkan kembali ke bagian penagihan berupa FP lembar 1&2, Kwitansi lembar 1 dan Invoice lembar 1&2 dan PO lembar 2. Dokumen-dokumen ini digunakan untuk melakukan penagihan piutang kepada customer.
- Setelah itu melakukan pengarsipan pada dokumen FP lembar 3, Kwitansi lembar 2 dan Invoice lembar 3.
6. Bagian Penagihan (lanjutan)
- Menerima dokumen dari bagian keuangan yang sudah diberi tanda tangani yaitu berupa : Kwitansi lembar 1, FP lembar 1&2, PO lembar 2 dan Invoice lembar 1&2.
- Kemudian melakukan penagihan kepada pihak customer sesui dengan jatuh tempo yang telah ditentukan dengan membawa dokumen Kwitansi lembar 1, PO lembar 2, Invoice lembar 1, FP lembar 1.
- Setelah itu melakukan pengarsipan dokumen FP lembar 2 dan Invoice lembar 2.
- END
Visit My YouTube Channel :
- Zikir Penghapus Dosa, Pembuka Pintu Rezeki, Penenang Hati, Permudah Segala Urusan
- Punya Hajat Dunia dan Akhirat? Pengen Bisnis Lancar? | Udah Sholawatin Aja!!
- Sholawat Munjiyat - Ust. Yusuf Mansyur
Referensi
Cc: Ningsih, Siti Sri. 2021. Makalah Sistem Akuntansi Penjualan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi-STIKI. Makassar.
Aefin, Nita Erfina Nur. Sistem Informasi Pengelolaan Transaksi Penjualan. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Baridwan, Zaki. 2002. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi Kelima. Yogyakarta: Badan Penerbit FE-UGM.
Hikmawati, Juliana Dwi dan Rizal Effendi. 2013. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas pada CV. Lestari Motorindo. STIE MDP.
Midjan, La dan Azhar Susanto. 2001. Sistem Informasi Akuntansi 1. Edisi Delapan. Bandung: Lingga Jaya.
Midjan, La dan Azhar Susanto. 1999. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lembaga Informatika.
Mulyadi. 2001. Sistem Akuntansi. Edisi Tiga. Jakarta: Salemba Empat.
Pratomo, Chrisnanto Agung. 2010. Evaluasi Sistem Penjualan Kredit pada PT. Dexa Inti Utama. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Wandi, Apri. Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Tunai pada Toko Sumber Sthil. Semarang: Universitas Dian Nuswantoro.
Widjajanto, Nugroho. 2001. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Erlangga.
Yusuf, Amir Abadi. 1993. Auditing Pendekatan Terpadu. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.
Comments
Post a Comment